Makanan dan Minuman yang Baik dan Buruk untuk Gigi

LAGI PROMO
Madu KEJANTANAN
Kayu Lanang Kejantanan
Celana Dalam Kejantanan
OBAT KEJANTANAN HERBAL
BERGERIGI Andalan
Kondom arjoena bergerigi


Rajin menyikat gigi setiap hari dan flossing merupakan langkah utama untuk menjaga kesehatan gigi kita. Tetapi ternyata, asupan yang kita konsumsi setiap hari, baik itu makanan maupun minuman,  juga berpengaruh pada kesehatan gigi. Membatasi atau bahkan menghindari dalam mengkonsumsi suatu jenis asupan tertentu, meruapakan salah satu usahauntuk membantu mencegah kita mengalami sakit gigi.

Berikut ini ada daftar makanan dan minuman yang baik dan buruk untuk gigi, yang Saya kutip dari Periclean.


Makanan dan minuman yang buruk untuk gigi :

Berry berwarna
Buah ini mengandung pewarna alami yang bisa tertinggal pada gigi. Selain itu, buah yang terlalu asam juga bisa mengikis enamel dan bahkan memberi efek noda pada gigi.

Buah kering
Buah kering diketahui sebagai salah satu makanan yang lengket dan tinggi kalori. Seringkali buah ini akan tersangkut di antara gigi dan tak bisa lepas dengan mudah, sehingga dapat menyebabkan gigi berlubang dan masalah lainnya.

Permen kenyal
Sama seperti buah-buahan kering, gula dan asam yang terdapat di dalam permen kenyal, dapat menimbulkan bakteri dan menyebabkan kerusakan gigi.

Soda dan minuman energi
Sudah bukan rahasia bahwa soda tidak baik untuk gigi karena kandungan gula dan asamnya sangat tinggi. Selain itu, asam pada minuman olahraga juga diketahui dapat menodai gigi.

Kopi dan teh
Kedua jenis minuman ini secara alami juga dapat memberi noda permanen jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Makanan berbahan tepung
Termasuk di antaranya kerupuk, kentang goreng, roti putih dan cake. Jenis makanan ini bisa bersarang di gigi dalam waktu yang cukup lama dan menyebabkan pembentukan bakteri sehingga gigi berisiko menjadi berlubang.

Sementara itu, berikut ini ada makanan dan minuman yang baik dikonsumsi untuk kesehatan gigi kita, yaitu :

Buah-buahan yang kaya serat dan sayuran
Termasuk di antaranya buah pir, apel, seledri, sayuran hijau, bawang dan wortel. Buah-buahan ini membantu menetralkan asam dan enzim. Selain itu mereka juga dapat meningkatkan produksi air liur.

Produk susu
Produk susu seperti susu murni, keju dan yogurt tidak hanya memberikan kalsium, tetapi juga dapat membantu memberi asupan mineral yang penting bagi kesehatan gigi.

Permen karet tanpa pemanis
Mengunyah permen karet diketahui dapat membantu meningkatkan produksi air liur dan menghilangkan partikel makanan yang mungkin terjebak di antara gigi.

Air putih
Konsumsi air putih yang cukup nyatanya juga berpengaruh positif terhadap kesehatan gigi. Air dapat 'menguras' gula dan asam dari mulut secara keseluruhan.

Kacang-kacangan
Kacangan-kacangan kaya akan vitamin, mineral, kalsium dan protein. Kacang yang biasanya bertekstur agak keras juga diyakini dapat membantu merangsang produksi air liur, sehingga mulut akan tetap bersih.

Ikan
Daging ikan kaya akan kalsium, vitamin D dan fosfor, sehingga konsumsi daging ikan sangat baik untuk gigi dan kesehatan tubuh secara umum.
Tag : Gigi, Makanan, Minuman
Back To Top