Menu Sahur Yang Tepat Agar Tetap Bugar Berpuasa

LAGI PROMO
Madu KEJANTANAN
Kayu Lanang Kejantanan
Celana Dalam Kejantanan
OBAT KEJANTANAN HERBAL
BERGERIGI Andalan
Kondom arjoena bergerigi


Tak sedikit orang yang melaksanakan sahur dengan menyantap makanan yang berkategori berat. Mulai dari rendang, ayam goreng, hingga opor ayam. Padahal, kecepatan metabolisme seseorang pada saat puasa akan cenderung menurun.

Itulah sebabnya, orang yang berpuasa dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan rendah indeks glikemik (GI) pada saat sahur. Ciri makanan tersebut adalah harus rendah karbohidrat, lambat serap, serta memiliki kecenderungan memberikan rasa kenyang yang lebih lama.


Nilai GI yang dianjurkan adalah berkisar pada angka 54 atau kurang dari itu. Contoh makanan dengan nilai GI tersebut misalnya tahu, tempe, sayur, sup, atau daging. Sedangkan  buah yang dianjurkan adalah yang mengandung air tinggi, seperti pepaya, semangka, dan kurma.



"Kuncinya adalah tinggi serat, cukup protein, cukup lemak baik, kurangi garam, dan hindari memasak terlalu lembek," ujar Ketua Yayasan Gema Sadar Gizi, dr. Tirta Prawita Sari.

Menurut dia, makanan yang bergaram-garam tinggi harus dikurangi selama berpuasa, karena dapat menyebabkan tubuh lebih mudah dehidrasi sehingga cepat haus Sementara itu, serat harus ditingkatkan untuk mencegah munculnya masalah konstipasi sekaligus melancarkan pencernaan.


Tag : Bugar, Menu, Puasa, Sahur
Back To Top